Tips Membersihkan dan Merawat Sepeda Lipat

Tips Membersihkan dan Merawat Sepeda Lipat

Akhir-akhir ini, makin banyak orang berpikir untuk hidup sehat, keliru satunya bersama dengan menjadikan sepeda sebagai fasilitas mobilitas sehari-hari. Di perkotaan, tidak sulit memandang orang berangkat kerja bersama dengan bersepeda. Biasanya, mereka lebih pilih gunakan sepeda lipat, dikarenakan lebih ringkas sementara mesti naik bus atau kereta.

Di antara bermacam type sepeda yang ada di pasaran, sepeda lipat sesungguhnya paling banyak dipakai untuk aktivitas sehari-hari penduduk perkotaan. Fitur-fitur pada sepeda type ini didesain untuk jalanan datar, tapi amat berfaedah sementara mesti bermanuver di jalan sempit atau menyelinap di antara mobil-mobil sementara macet.

Keunggulan lain dari sepeda lipat adalah bentuknya yang stylish dan kekinian. Sepeda type ini termasuk terbilang ringan dalam perawatan dikarenakan tidak miliki fitur yang kompleks seperti sepeda MTB atau sepeda balap.

Merawat, Mencuci, dan Menyimpan Tips Mudah Merawat Sepeda Lipat

Secara umum, ada tiga perihal penting yang mesti diperhatikan supaya sepeda lipat senantiasa awet dan nyaman digunakan dalam sementara yang lama. Ketiga perihal berikut adalah perawatan, pencucian, dan penyimpanan.

Meski terbilang ringan dalam perawatan, bukan artinya sepeda lipat tidak mesti mendapat perhatian. Engsel yang memadai banyak pada sepeda lipat mesti dirawat secara teratur supaya senantiasa awet dan aman sementara digunakan.

Selain itu, sepeda lipat termasuk mesti dicuci secara berkala supaya nyaman dipakai. Mencuci sepeda lipat tidak hanya memiliki tujuan untuk membawa dampak sepeda tampak mengkilap atau bersih. Lebih dari itu, pencucian termasuk berfaedah menghalau kotoran di drivetrain (sistem penggerak) yang bisa memengaruhi laju sepeda Perawatan Sepeda Terbaik .

Bagi bikers, musim hujan bisa jadi musibah kecuali kami jarang mencuci sepeda lipat. Air hujan bisa membawa dampak bagian-bagian pada sepeda berkarat, tetapi jalanan yang berlumpur membawa dampak sepeda lebih cepat kotor dan akan berkerak kecuali tidak langsung dibersihkan. Maka, tak heran kecuali di musim hujan sepeda mesti lebih sering dicuci.

Setelah mencuci, jangan lupa melumasi engsel, drivetrain, dan bagian-bagian lain pada sepeda lipat supaya lancar digerakkan dan tidak cepat aus. Pemberian pelumas ini termasuk penting diberikan sementara kami akan menaruh sepeda lipat.

Secara detail, mari kami bahas satu per satu cara merawat, mencuci, dan menaruh sepeda lipat!

Cara Merawat Sepeda Lipat Agar Awet

Seperti sudah dibahas di atas, perawatan sepeda lipat tidaklah sulit. Namun, perihal berikut penting diperlukan supaya sepeda lebih awet. Lebih dari itu, perawatan termasuk dilaksanakan untuk kurangi dampak kecelakaan di jalan.

Untuk merawat sepeda lipat, berikut adalah cara-caranya:

Rutin Mengecek Tekanan Ban Pelumas Sepeda Terbaik
Meski nampak sepele, teratur mengecek tekanan udara pada ban sepeda lipat sangatlah penting. Pastikan ban berada dalam situasi yang tepat, tidak amat kempes atau amat keras supaya tidak ringan bocor.

Untuk sepeda lipat, tekanan udara yang disarankan pada ke dua rodanya adalah antara 60-75 psi atau sesuaikan berat badan.

Rutin Melumasi Bagian-Bagian pada Sepeda Lipat
Selain mengecek tekanan udara pada ban, kami termasuk sebaiknya teratur melumasi lebih dari satu bagian sepeda lipat, di antaranya adalah proses pengereman, drivetrain, engsel, hingga shifter dan gear.

Pelumasan yang jarang dilaksanakan akan membawa dampak bagian-bagian berikut aus atau rusak, yang tentu saja akan membawa dampak sepeda lipat tidak bisa kembali digunakan.

Rutin Mengecek Sambungan Rangka
Hal Yang membedakan sepeda lipat bersama dengan sepeda type lain adalah adanya sambungan rangka pada frame sepeda. Maka, pastikan untuk senantiasa mengecek sambungan rangka berikut secara berkala. Jika nampak kering, langsung lumasi bagian tersebut.

Keengganan melumasi sambungan atau engsel sepeda lipat bisa membuatnya sulit untuk dilipat atau dibuka kembali. Gunakan pelumas yang tahan panas dikarenakan bagian berikut akan sering terkena cahaya matahari secara langsung.

Rajin Mencuci Sepeda Lipat
Sebagaimana mobil atau sepeda motor, sepeda lipat termasuk sebaiknya rajin dicuci. Apalagi kecuali sepeda baru saja dipakai sementara hujan atau melewati jalan yang kotor. Cucilah bersama dengan air bertekanan rendah dan sabun yang spesifik untuk sepeda supaya cat tidak rusak.

Cara Mencuci Sepeda Lipat
Pixabay Linus Schutz

Ada lebih dari satu perihal yang mesti disiapkan sementara akan mencuci sepeda lipat. Berikut adalah langkah-langkah yang mesti kami perhatikan:

Sebelum Mencuci Sepeda
Selain sabun, siapkan ember dan air, busa, sikat, atau kain untuk menggosok dan mengeringkan sepeda. Siapkan termasuk pelumas untuk rantai dan engsel dan juga jangan lupa poles ban sehabis mencuci sepeda.

Jika gunakan selang, pastikan tekanan air tidak begitu besar supaya tidak ada komponen sepeda lipat yang rusak. Atau, kami termasuk bisa gunakan gayung untuk membilas sepeda bersama dengan air bersih.

Saat Mencuci Sepeda
Bagian yang sebaiknya dicuci terutama dahulu adalah ban, jari-jari roda, rangka di dekat rantai, dan juga rantai yang biasanya ringan kotor. Bersihkan bersama dengan busa atau sikat supaya bagian sela-sela yang sulit terjangkau senantiasa bisa dibersihkan.

Setelah Mencuci Sepeda
Sehabis dicuci, pastikan sepeda dilap hingga kering demi menghambat korosi. Setelahnya, berikan pelumas pada bagian-bagian spesifik seperti proses pengereman, drivetrain, engsel, hingga shifter dan gear.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *