Efek Konsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari terhadap Tubuh

Efek Konsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari terhadap Tubuh

Banyak orang yang kuatir kekurangan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga mereka mengambil keputusan mengonsumsi suplemen vitamin tiap tiap hari. Adakah efeknya terhadap tubuh?

Bagi tubuh manusia, vitamin sangat bermanfaat untuk merangsang, membantu, dan juga berperan di dalam bermacam reaksi fisiologis. Kurangnya jenis vitamin tertentu dapat sebabkan problem salah satu atau lebih dari satu sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak sanggup mobilisasi fungsinya sebagaimana mestinya.

Baca Juga
Sering Kram Kesemutan? Ini Cara Tepat Mengatasinya
Tips Nutrisi bagi Lansia Saat Ibadah Haji
Suplemen Vitamin D Perpanjang Harapan Hidup Penderita Kanker?
Kekurangan vitamin jenis tertentu di dalam jangka pas lama juga sanggup sebabkan timbulnya penyakit tertentu. Itu sebabnya, pas ini tersedia banyak makanan dan minuman yang ditambahkan dengan vitamin. Selain itu juga tersedia banyak produk suplemen vitamin dan multivitamin di pasaran.

Sebetulnya vitamin yang bersumber dari suplemen tidak sangat dibutuhkan terkecuali keperluan vitamin di dalam tubuh udah terpenuhi dari makanan sehari-harinya. Kalau ternyata masih mendapatkan “suntikan” vitamin kembali tiap tiap hari lewat mengonsumsi suplemen, kelebihan vitamin sanggup terjadi Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun .

Dampak kelebihan vitamin
Apabila sehari-hari Anda menerapkan pola makan sehat bergizi lengkap seimbang dan juga bervariasi, sebetulnya Anda tak kudu kuatir mengalami kekurangan vitamin. Namun bisa saja dikarenakan untuk ‘jaga-jaga’, suplemen vitamin pun dikonsumsi tiap tiap hari.

Pada orang normal, suplementasi vitamin boleh dijalankan terhadap lebih dari satu kondisi, seperti jadwal pekerjaan yang padat sehingga kesibukan fisik berlebihan, kelelahan, sakit ringan, di dalam perjalanan, atau kurangnya asupan makanan. Namun, kudu juga diketahui bahwa tidak cuma kekurangan vitamin, kelebihan vitamin juga sama-sama berbahaya bagi tubuh. Jika ini udah terjadi lama, dampaknya terhadap tubuh sanggup negatif. Kondisi ini juga dikenal sebagai keracunan vitamin, dikarenakan kelebihan vitamin di dalam tubuh menyebabkan lebih dari satu efek samping manfaat sop subarashi .

Vitamin diklasifikasikan jadi dua jenis, yakni yang larut di dalam air (vitamin B dan C) dan larut di dalam lemak (vitamin A, D, E dan K). Overdosis vitamin yang larut di dalam lemak menyebabkan efek samping yang lebih benar-benar dibandingkan dengan vitamin yang larut di dalam air.

Vitamin C
Misalnya terkecuali Anda kelebihan vitamin C, gejala yang nampak adalah mual, muntah, diare, dan kram perut. Dalam jangka pas panjang, kelebihan vitamin C juga merupakan aspek risiko terjadinya batu ginjal.

Vitamin D
Apabila Anda hingga kelebihan vitamin D, efek sampingnya antara lain peningkatan level darah, meningkatnya persentase kalsium darah, mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit perut, konstipasi, diare, tulang keropos, dan gagal ginjal.

Vitamin B kompleks
Jika Anda mengalami overdosis vitamin B kompleks, biasanya efek samping yang dirasakan adalah sulit bernapas, nyeri dengan sensasi terbakar, mati rasa di kaki dan tangan, hilangnya koordinasi otot, sakit kepala, depresi, dan kelumpuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *