Bangun Roda Sepeda Anda Sendiri

Pengantar Pembuatan Roda

Jika Anda adalah tipe pengendara yang membutuhkan roda Anda untuk dilacak setiap tahun, atau benar-benar tidak dapat mentolerir kegagalan roda (misalnya tur sepeda di Mongolia)? Jika demikian, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat roda Anda sendiri. Ini ilmu roket. Roda berkualitas bangunan mudah dicapai oleh pengendara sepeda yang cenderung mekanis.

Apa yang salah dengan roda pabrik? Roda rakitan pabrik menjadi ekonomis, tetapi mesin tidak memeriksa ketegangan setiap ruji dengan hati-hati. Tidak ada mesin yang dianggap sebagai pengrajin. Jika roda berada dalam toleransi tertentu, itu dapat diterima. Ambil roda pabrik dan kirimkan ke pelanggan, karakteristiknya bisa sangat berbeda pada saat kedatangan. Jika Anda menginginkan roda yang kokoh, benar, dan andal, tidak ada yang sebanding dengan roda buatan tangan.

Komponen Terbaik vs Komponen yang Dapat Diandalkan
Jika Anda mempertimbangkan untuk membuat roda, belanjakan uang untuk komponen yang andal. Komponen yang dapat diandalkan, bukan komponen yang paling mahal. Terlepas dari apa yang Anda lihat di toko, desain roda tidak banyak berubah selama bertahun-tahun. Jika Anda membuat roda berselang 36 dengan komponen yang terjangkau dan andal, Anda akan memiliki sepasang roda yang sangat baik, tahan lama, dan sejati yang akan membantu Anda dengan baik selama ribuan mil.

Jari
-jari dan Pelek Dua bagian paling penting dari sebuah roda adalah jari-jari dan pelek. Banyak orang memilih hub sebelum membangun roda. Mengingat ini adalah komponen yang paling mahal, orang cenderung menilai terlalu tinggi kepentingannya. Hub tidak berdampak pada kekuatan dan daya tahan roda. Ringannya hub merupakan pertimbangan, tetapi roda hanya membutuhkan hub tersebut untuk memiliki jumlah lubang yang tepat untuk jari-jarinya.

Jari-jari adalah komponen roda yang paling tertekan. Jumlah jeruji pada sebuah roda secara langsung mempengaruhi kekuatan dan daya tahannya. Anda melihat jari-jari dan pelek serat karbon dalam uji waktu, tapi ini pendek, berisi balapan. Pembalap dan wisatawan sepeda tetap menggunakan roda 28-32-spoke saat berkendara dalam jarak yang lebih jauh. Meskipun demikian, roda 36-spoke mungkin yang paling tahan lama dan merupakan pilihan teraman bagi pengendara yang rela mengorbankan hambatan angin untuk daya tahan jangka panjang. Saat mempertimbangkan roda, tentukan jari-jarinya, lalu cari pelek yang cocok.

Pelek adalah komponen terpenting kedua setelah roda. Ini berfungsi sebagai permukaan pengereman, titik pemasangan ban, dan mendistribusikan beban dari jari-jari dan jalan. Pelek biasanya berbentuk U tetapi belakangan ini, pelek bentuk V menjadi lebih populer. Pelek ‘aero’ bentuk V terlihat seperti mengiris udara lebih baik daripada bentuk U, tetapi umumnya lebih berat dan lebih sensitif terhadap angin silang. Mereka juga membuat permukaan pemasangan jeruji menjadi sulit karena ruang pelek yang terbatas dapat menyebabkan nipple macet. Kerutan ini dapat menyebabkan puting membawa terlalu banyak beban, yang bukan merupakan hasil yang diinginkan. Jika Anda mempertimbangkan untuk membuat roda sendiri, cobalah pelek tradisional berbentuk U terlebih dahulu.

Yang Anda butuhkan untuk membangun roda berkualitas

Diperlukan:
Spoke Wrench. Ini datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa terlihat seperti kunci pas, sementara yang lain cocok untuk kit perbaikan. Gunakan variasi dua rahang karena nyaman digunakan dan memberikan daya ungkit yang baik.

Ingin daftar yang lebih besar? Tidak ada satupun! Anda hanya perlu kunci inggris untuk membuat roda!

Opsional:
Alat berikut membuat hidup Anda lebih mudah tetapi tentu saja opsional.

Alat Pencelup Roda: Membantu Anda mengidentifikasi apakah satu sisi poros lebih menonjol keluar dari garis tengah daripada sisi lainnya.

Alternatif manusia: Coba lihat.

Stand Truing: Ini membantu Anda menyelaraskan pelek.

Alternatif manusia: Pasang roda, putar dan bola mata keselarasan menggunakan rem

Tensionmeter: Mengukur tegangan ruji.

Alternatif manusia: Fingers

Cara Membuat Roda Sepeda Sendiri

Langkah 1. Persiapan.

Punya Hub? Punya Rim? Anda perlu mengetahui jumlah lubang di rim dan jumlah lubang di flensa (hub). Pastikan mereka cocok. Untuk panjang bicara, sebaiknya periksa dengan profesional. Ada persamaan untuk menentukan panjang jari-jari, tetapi mungkin lebih mudah menyediakan toko sepeda dengan spesifikasi hub / rim combo dan membiarkan mereka memberi tahu Anda panjang jari-jari yang benar.

Punya jari-jarinya? Apakah mereka sama panjangnya? Baik. Angkat putingnya. Nipple harus dari produsen yang sama dengan jari-jarinya. Diameter nipel harus sesuai dengan diameter jari-jari. Dot 2.0mm dengan jari-jari 2.0mm. Gunakan kuningan untuk puting jika Anda ingin menyesuaikannya di masa mendatang.

Siapkan jari-jarinya. Saat semuanya ada di atas meja, celupkan setiap benang jeruji ke dalam minyak. Minyak tua apa pun bisa digunakan.

Langkah 2. Mari mulai membuat roda

Putar pelek hingga Anda menemukan lubang katup. Ini kutub utamamu. Mulai di sebelah kiri lubang katup.

Ambil hub. Jatuhkan jari-jari di setiap lubang lain di hub.

Ambil sembarang ruji dan masukkan ke dalam pelek. Kencangkan puting susu ke dalam jeruji pertama. Terus lakukan ini untuk setiap lubang keempat di rim. Jangan terlalu mengencangkan puting. Biarkan longgar untuk saat ini.

Sekarang setelah jari-jari pertama berada di tempatnya, mulailah di sisi lain hub. Letakkan jari Anda pada ruji pertama yang Anda masukkan (ke KIRI lubang katup) dan ikuti hingga ke hub. Melihat sisi berlawanan dari hub (sisi tanpa jari-jari di dalamnya) temukan lubang terdekat yang ada di sebelah kanan lubang katup. Ruji pertama akan disisipkan di lokasi ini. Ingat, lubang pertama di sebelah kanan lubang katup.

Setelah jari-jari pertama masuk, jatuhkan jeruji ke lubang lain di hub. Saat Anda memasang jeruji, Anda akan melihat bahwa setiap jeruji tepat di belakang jeruji yang Anda pasang di sisi berlawanan dari pelek. Jari-jarinya akan terlihat seperti tongkat sumpit.

Balik pelek dan jatuhkan rangkaian jari-jari Anda berikutnya.

Putar hub. Ambil hub dan putar sehingga jari-jari pertama menarik keluar dari lubang katup (berlawanan arah jarum jam). Jika ini adalah proses yang sulit, kendurkan puting dan coba lagi.

Jari-jari silang. Pilih ruji baru. Dengan bekerja ke kiri (berlawanan arah jarum jam), seberangi dua jari-jari pertama dengan jeruji baru. Silangkan di bawah jeruji berikutnya dan masukkan ke lubang berikutnya. Anda sedang menavigasi melalui tiga jari secara total. Lakukan ini untuk jari-jari yang tersisa.

Balik pelek dan lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

Kagumi pekerjaan Anda. Selamat, bagian yang sulit telah selesai!

Langkah 3: Menghilangkan Ketegangan dan Stres.

Kencangkan roda. Kencangkan setiap ruji sehingga jumlah benang yang sama muncul untuk setiap nipel. Jangan jadi gila. Kencangkan perlahan dan universal. Periksa ketegangan jari-jari dengan tangan saat Anda melakukan proses ini. Idenya adalah merasakan ketegangan yang konsisten. CATATAN: saat Anda mengencangkan jari-jari, jangan melihat langsung ke dalam pelek. Jaga agar wajah Anda tetap tegak lurus dengan tepi. Jari-jari A dapat keluar dari tepi jika terlalu kencang.

Periksa untuk melihat apakah pelek benar. Ambil pelek dan pasang di sepeda Anda atau penyangga truing. Putar roda dan periksa area yang tidak benar. Jika Anda menemukan titik, sesuaikan jari-jari di sisi berlawanan dari area masalah – yaitu jika sisi kiri tidak benar, Anda akan menyesuaikan tegangan pada jari-jari yang terletak di sisi yang berlawanan dan sebaliknya.

Kelihatan bagus? Saatnya menghilangkan stres.

Ini belum waktunya untuk minum bir. Langkah terakhir untuk membangun roda adalah menghilangkan tegangan ruji. Menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda, pegang jari-jari paralel dan remas. Ini akan meregangkan jari-jari. Jika setelah melakukan ini roda tidak benar, ulangi langkah yang benar tetapi tanpa mengencangkan jari-jari lagi – yaitu setel jari-jari dengan menghilangkan ketegangan di area masalah.

Langkah terakhir. Periksa perjalanan.

Pasang roda Anda dan bawa sepeda Anda untuk berputar cepat. Tidak ada suara aneh di belokan besar? Baik. Selesaikan perjalanan dan periksa kembali roda-rodanya lagi. Jika semuanya terlihat bagus, selamat! Anda baru saja membuat roda yang manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *